Hal-Hal Yang wajib Dicoba Sebelum Tua

Posted on

Indonesia punya sejuta aktivitas seru, daya pikat kekayaan alam & budaya yang barangkali takkan bisa seluruhnya dinikmati karena usia terbatas. Tapi ada beberapa hal wajib dicoba sebelum tua. Mau tahu apa saja hal ini? Yuk cek daftarnya di ulasan ini:

Diving & Snorkeling

Indonesia adalah rumah bagi seperempat kekayaan laut dunia bahkan lebih. Apalagi, segitiga koral alias Coral Triangle yang mengandung 500 spesies terumbu karang serta ribuan fauna laut pun mencakup kawasan kepulauan Nusantara. Tak heran bila Tanah Air kita ini sangat terkenal area penyelaman kelas dunia dengan keindahan bawah laut yang bakal membuat siapa saja terpukau. Ceburkan dirimu lalu nikmati surga bawah air mempesona, mulai Pulau Weh di Sumatera sampai Raja Ampat di Papua. Taklukan juga keelokan taman laut Bunaken yang tersohor, Pantai Ora si primadona baru, Pulau Moyo, Teluk Cendrawasih, Taka Bonerate, Pulau Komodo dan sekelilingnya, Pulau Siladen, Sekotong, Gili-Gili di Lombok, Halmahera, Pulau Togean, Derawan, Karimunjawa, dan masih ada lagi. Dimana lagi kamu bisa lihat kelompok pari manta besar dan penyu dari dekat? Dimana lagi kamu bisa menjumpai palung-palung laut terindah ataupun mengeksplorasi kapal karam tua yang dipenuhi koral-koral indah?

Menunggang Ombak

Surfing alias berselancar menunggangi ombak merupakan hal wajib kamu coba juga di Indonesia. Karena, negara kepulauan ini punya banyak area surfing kelas dunia yang sangat digemari wisatawan, terutama turis. Sebut aja Nias, G-Land, Mentawai, dan Uluwatu yang punya gulungan ombak tinggi yang bisa ditunggangi sepanjang tahun. Tidak lagi pantai-pantai mengesankan yang berada di lokasi-lokasi itu. Inilah alasan kenapa ada jutaan surfer awam dan profesional datang dari pelosok dunia. Disinilah tempat dimana mentari selalu bersinar sepanjang tahun, juga surfing terus digemari. So, lekas ambil papan selancarmu lalu jelajahi surga surfer dengan ombak-ombak berkelas di dunia.

Mendaki Puncak Tertinggi

Disamping bawah lautnya yang indah, sosok Indonesia dari puncak tertinggi pun sama menakjubkannya. Sehabis beberapa jam susah-payah menaklukkan medan berat, nikmati kenikmatan mengagumi megahnya dan keindahan alam Indonesia dibalik bayang-bayang awan kabut, dengan secuil kecupan sinar mentari di puncak gunung. Larutkan dirimu didalam pesona sunrise di Bromo, ataupun nikmati keindahan danau 3 warna di Kelimutu. Disamping itu, masih banyak puncak pegunungan dengan view terindah yang berkesempatan kamu taklukkan. Mulai Gunung Papandayan yang pas buat pemula dengan padang edelweiss, Gunung Tambora dengan Kaldera, Gunung Argopuro, dan Gunung Rinjani yang punya pemandangan begitu eksotik dibalik kabut.

Menjelajahi Goa-Goa

Caving alias jelajah goa adalah aktivitas yang wajib dicoba pada petualanganmu mengeksplor alam Indonesia. Karena, negeri tercinta kita ini punya begitu banyak goa cantik dengan kontur batu-batu dan karakter yang amat unik dan indah. Ada 2 mode penjelajahan yang boleh dilakukan, yakni vertikal dan horizontal caving. Mulai goa Buniayu yang punya ornamen stalaktit serta stalagmit yang top, goa Kallibong Aloa yang berkilau dengan kemilau kristal dibebatuannya, goa Hawang yang punya legenda Kolam Kutukan, maupun tonton keajaiban Cahaya Surga yang ada di goa Jomblang, yang adalah goa vertikal secara hutan purba yang rapat didasarnya.

Mengunjungi Situs Bersejarah

Amat banyak keajaiban zaman purba dunia yang bisa ditemukan di Indonesia. Dari candi-candi besar sampai reruntuhan istana, atau situs prasejarah sampai tradisi yang tengah terjaga. Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia tentu terpukau dengan keistimewaan dan keanekaragaman budaya yang termanifestasikan indah terhadap peninggalan-peninggalan historisnya. Mulai Candi Borobudur yang jadi bagian 7 Keajaiban Dunia, patung-patung tempo dulu di Situs Megalitikum Bada Valley, bangunan peninggalan zaman kolonial di Bandung, pedesaan tradisional di Pekalongan yang tengah menggunakan cara lama tuk membuat kain batik, goa secara lukisan-lukisan purba di Kokas, dan masih ada banyak lagi.

Mengunjungi desa-desa tradisional

Kekayaan serta keragaman budaya Indonesia sungguh berlimpah. Dengan terdapatnya 350 etnis yang beda, keanekaragaman budaya di Tanah Air kita emang layak dieksplorasi. Bakal lebih seru lagi bila kamu melihatnya sendiri di kehidupan orang-orang tradisionalnya, yang hidup di pedesaan dengan cara yang mirip dengan yang dilaksanakan nenek moyang mereka. Desa tradisional tersebar di pelosok wilayah Indonesia, yang mana kearifan lokal serta ritual tradisional tetap mendominasi keseharian penduduknya. Masing-masing desa jelas punya keunikan dan karakternya masing-masing. Dengan datang ke desa-desa tradisional, disamping lihat langsung tradisi juga kekayaan budaya Indonesia, kamu boleh ikut mendapati kedekatan dengan warga desanya, menikmati alamnya, yang tentunya bakal menambah pengalaman unik serta kekayaan batinmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *