Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Ini Pariwisata di Banda Aceh Yang Unik

Posted on
Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Ini Pariwisata di Banda Aceh Yang Unik Aceh jangan dikira tidak mempunya tempat wisata terkenal yang patut untuk anda kunjungi sebab di Aceh sama seperti wilayah lainnya di Indonesia mempunya sejumlah tempat wisata yang sangat apik untuk didatangi saat liburan. Bila Jakarta punya Pulau Seribu yang mana didalamnya terdapat Pulau Tidung, Pari, Harapan dan Pramuka dan di Aceh pun terdapat hal yang sama seperti:

  1. Museum Tsunami: Bencana tsunami yang menerpa Banda Aceh pada 2004 lalu tidak selanjutnya dijadikan cerita pahit semata oleh warganya, tetapi sebagai renungan serta motivasi tuk bangkit. Untuk itu, pemerintahan Banda Aceh mengabadikan momen itu kedalam satu museum yang lengkap dengan dekorasi dan alat penunjang modern. Jika kalian berkunjung ke museum itu, dijamin kalian bakal sukses dibawa balik beberapa tahun lalu kala tsunami menerjang Banda Aceh. Disana, kalian bisa menjumpai suatu lorong panjang dimana kalian bisa mendengar debur gemuruh ombak serta kucuran air, seakan-akan sedang berlangsung tsunami. Ada pula beberapa benda yang sisa dari bencana tsunami, beragam foto serta video terkait, dan foto dengan nama korban wafat. Selain sebagai museum, tempat itu juga punya simulator gempa bumi, sentral pendidikan dan diproyeksikan tempat berlindung bila sewaktu-waktu berlangsung tsunami.
  2. Masjid Raya Baiturrahman: Jika kita balik pada bencana na’as yang menimpa Aceh tahun 2004 lampau, kalian mungkin akan mendapatkan masjid ini didalam berita. Yup, Masjid Raya Baiturrahman ialah salah sebuah bangunan yang masih berdiri kokoh diantara puing-puing rumah yang luluh lantak lantaran tsunami sewaktu itu. Masjid itu dibangun dibawah perintah Sultan Iskandar Muda pada 1612. Masjid itu sendiri mempunyai tubuh bangunan yang memiliki warna putih serta dipadu pada kubah masjid yang memiliki warna hitam. Kalian pun bisa melihat 7 menara yang lokasinya mengelilingi bangunan masjid. Tidak cuma itu, keanggunan masjid itu lengkap dengan suatu kolam besar yang ada di bagian depan masjid. Oh ya, keeksotisan masjid itu juga diakui oleh dunia melalui situs Yahoo! yang menominasikan masjid itu menjadi 10 Masjid Paling indah di Dunia!
  3. Pantai Lampuuk: Satu dari beberapa pariwisata Banda Aceh yang ngetop ialah Pantai Lampuuk. Pantai itu menjadi ngetop lantaran diasumsikan sebagai Pantai Kutanya Banda Aceh. Pantai Lampuuk menonjolkan hamparan pantai yang terbentang luas sampai 5km jauhnya. Di sana, kalian takkan kehabisan kegiatan tuk dilakukan. Bisa renang, main pasir, sunbathing, surfing, ataupun menjajal banana boat yang disediakan. Tidak cuma itu, kalian juga berkesempatan bertemu dengan tukik tuk dilepas menuju lautan lantaran Pantai Lampuuk sebagai salah satu lokasi pelaksanaan praktek pelestarian penyu. Bila kalian mengunjungi Pantai Lampuuk, kalian bakal bertemu dengan satu tebing karang yang ada di bagian penghujung pantai.
  4. Pantan Terong: Bukan, obyek pariwisata satu ini bukanlah asal sayur terong ataupun berbentuk terong. Pantan Terong ialah suatu bukit yang ada megah diatas ketinggian 1,830mdpl. Pergi ke Pantan Terong bakal menjadi amat cocok tuk kalian yang gemar melihat panorama alam dari ketinggian, sebab dari atas sana, kalian akan amat leluasa menikmati gugusan alam Aceh. Tidak cuma itu, kalian juga bisa melihat Danau Laut Tawar dari atasnya. Oh iya, sebab ada di ketinggian yang lumayan ekstrim, jangan sampai mengabaikan jaket tebal ataupun pakaian hangat kalian ketika berkunjung ke Pantan Terong, ya.
  5. Air Terjun Blang Kolam: Air Terjun itu bisa kalian dapatkan di desa Sidomulyo, lebih tepatnya di sebelah utara Banda Aceh. Air terjun itu jadi yang cukup terkenal tidak cuma karena keindahannya, pun karena keunikannya lantaran mempunyai air terjun mirip yang mengalir berdekatan dari tinggi 75m. Tuk memandangi indahnya Air Terjun Blang Kolam, kalian boleh duduk-duduk di sekeliling kolam air terjun, mandi di dalamnya, ataupun main air di sekitar kolamnya. Bila ingin kian mendalami keindahannya, kalian boleh berkemah di kawasan Air Terjun Blang Kolam. Mau berkunjung ke obyek pariwisata air terjun ini? Kalian musti menempuh perjalanan sepanjang 30 menit berkendaraan dari Lhokseumawe.
  6. Takengon: Cukup jalan-jalan ke Takengon dan menikmati Danau Laut Tawar. Jalan-jalan 4 hari di wilayah ini adalah kumpulan pariwisata mengemudikan sepeda. Di tempat itu kalian bisa merasa keindahan negeri diatas awan dan mencoba kuliner di sekitar pembuat kopi nikmat. Alam yang amat eksotis dan beda dengan tempat pariwisata sejenis entah itu di Indonesia ataupun pariwisata mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *